Siaran Pers
IPB University
No 1309/SP.BIRKOM.IPB/VIII/2021
Bogor, 25 Agustus 2021

Mahasiswa KKN-T IPB University Buatkan Website untuk Permudah Layanan Masyarakat di Menteng, Bogor

Dampak pandemi COVID-19 di Indonesia membuat sebagian besar masyarakat harus membatasi kegiatan sosial. Melihat kondisi ini, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University mencoba mencari solusi agar pemerintah desa dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa melakukan pertemuan langsung dengan warganya.

Solusi yang ditawarkan oleh tim mahasiswa KKN-T IPB University adalah pengembangan Sistem Informasi Menteng (Si Menteng) yang berbasis website di Kelurahan Menteng, Bogor. Muhammad Ziyadul Haq, Ketua Kelompok KKN-T IPB University menjelaskan, website tersebut memiliki fitur untuk melakukan pendataan masyarakat, informasi kelurahan, laporan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), statistik penduduk dan layanan surat menyurat.

“Dengan adanya website Si Menteng, masyarakat bisa mengajukan surat keterangan secara online,” ujar Muhammad Ziyadul Haq, mahasiswa IPB University.

Surat keterangan yang dimaksud meliputi surat pembuatan E-KTP, surat keterangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), surat keterangan kematian, dan surat lainnya yang diperlukan oleh masyarakat. “Adanya sistem ini diharapkan dapat membantu pelayanan masyarakat Kelurahan Menteng terutama di masa pandemi COVID-19,” ujar Ketua Kelompok KKN-T IPB University di wilayah ini. (*/RA)

Keyword: KKNT IPB, mahasiswa IPB

Kategori: SDGs-9
========================
Biro Komunikasi
IPB University
http://ipb.ac.id

Homepage

http://greencampus.ipb.ac.id
http://covid19care.ipb.ac.id
Telp: 0251-8622642
WA : 0813-1114-5893
Email: biro.komunikasi@apps.ipb.ac.id
Fb: @ipbuniversity
Twitter : @ipbofficial
IG : @ipbofficial
Line : @ipbuniversity