Tim Kehumasan Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan kunjungan dalam rangka benchmarking kehumasan dan pengelolaan media sosial di IPB University, Selasa (19/11). Kepala Bagian Humas BSN, Denny Wahyudi, Kasubag Hubungan Antar Kelembagaan, Sigit Wijatmiko, dan tiga staf yaitu Reza Aditya Saputra, Annisa Hapsari, Awang Dewan Pratama disambut langsung oleh Kepala Biro Komunikasi IPB University, Yatri Indah Kusumastuti didampingi tim.

Menurut Denny, Bagian Humas BSN mendapatkan tugas baru yaitu pengelaan media sosial yang sebelumnya dilakukan oleh unit kerja lain. “Alasan kami berkunjung untuk belajar ke instansi-instansi hebat, terutama IPB University yang telah menerima berbagai penghargaan kehumasan dan media sosial. Kami ingin belajar terus. Sebab pengelolaan terkait ini masih baru, terutama untuk official medsosnya,” ujarnya.

Tahun ini IPB University meraih penghargaan untuk Pengelolaan Media Sosial Terbaik, Anugerah Media Humas Bakohumas-Kominfo 2019, sedangkan di tahun sebelumnya meraih penghargaan Media Sosial Terbaik III Kategori PTN-BH.

Kepala Biro Komunikasi, Yatri Indah Kusumastuti menyampaikan program kerja Biro Komunikasi khususnya pengelolaan kehumasan. “Tahun ini Alhamdulillah kami menerima Anugerah Humas Indonesia untuk ruang layanan publik danp website, kemudian dari Bakohumas Indonesia untuk media sosial dan siaran pers. Tanggal 21 November ini juga kami dinobatkan sebagai kampus Informatif lagi dari Komisi Informasi Pusat.”

Lebih lanjut Yatri mengatakan, berbagai pemeringkatan yang diikuti selama ini merupakan alat untuk mengukur kinerja. “Kami ingin tahu sudah dimana posisi kita. Sudah sampai mana dan apakah sudah pada track yang benar begitu. Prestasi ini kami anggap ini sebagai bonus dan motivasi untuk tetap bersemangat menjalankan tugas kehumasan yang semakin dinamis,” ujar Yatri.

Yatri menambahkan bahwa IPB University sebagai Kampus Inovasi penghasil inovasi paling prospektif terbanyak di Indonesia telah memiliki Science Technopark (STP) yang bertugas mendukung hilirisasi teknologi. “Untuk itu suport-suport dari BSN yang dibutuhkan para peneliti IPB University dari sisi standarisasi penelitian untuk mendukung hilirisasi teknologi ke depan selanjutnya sangat dibutuhkan,“ tambahnya.

Denny Wahyudi dan tim BSN berharap dari kunjungan ini akan banyak hal positif yang dapat dipelajari untuk mendukung pelaksanaan kegiatan publikasi di BSN ke berbagai media. Publikasi penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penerapan data menggunakan produk ber-Standard Nasional Indonesia (SNI). Disampaikannya pula bahwa untuk merekatkan hubungan kelembagaan, BSNI melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai instansi. Salah satu dosen IPB University yaitu Prof Purwiyatno Hariyadi dari Fakultas Teknologi Pertanian menjadi ikon profil majalah BSN. “Jadi kalau ada tokoh-tokoh yang bersinar dari IPB University dapat menjadi concern kami untuk dikaitkan dengan konten standarisasi,” tambahnya.
.
Setelah pertemuan ini, IPB University dan BSN akan terus menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan melibatkan stakeholders secara luas terutama dosen dan mahasiswa dalam program edukasi tentang standardisasi nasional. (YDI/ris)

Keyword: Kehumasan, BSN, Standar Nasional Indonesia, Media Sosial, IPB University