Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Komisi Yudisial melakukan kunjungan dalam rangka studi tiru ke IPB University, 14/11. Kepala Bidang Data dan Layanan Informasi, Komisi Yudisial, Untung Maha Gunadi, SH, MSi, beserta tiga Staf Bidang Data dan Layanan Informasi, Festy Rahma Hidayati, Heri Sanjaya Putra, Wirawan Negoro Darmawan disambut langsung oleh Kepala Biro Komunikasi IPB University, Yatri Indah Kusumastuti didampingi tim.

Menurut Untung, alasan utama kunjungan ini adalah karena IPB University merupakan satu-satunya institusi perguruan tinggi yang masuk dalam klaster informatif pada tahun 2018 lalu berdasar pemeringkatan yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat. Untung juga melihat akhir-akhir ini kehumasan IPB University selalu meraih prestasi di lingkup nasional.
“Saya melihat dari pertama kami dipanggil PPID, dapat informasi kalau PPID IPB University sudah masuk kategori informatif. Terakhir saya ke Bangka, hadir di Anugerah Media Humas 2019, IPB University selalu dipanggil naik panggung karena juara. Untuk itu, maksud kami berkunjung, tidak lain untuk menggali informasi bagaimana IPB University dalam mengelola PPID dan kegiatan kehumasan seperti media sosial, pengelolaan hubungan media dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu dalam pemaparannya, Yatri menyampaikan bahwa PPID adalah payung program pengelola layanan informasi di IPB University. Dari Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik, IPB University melihat hal itu sebagai kewajiban badan publik untuk membuka informasi. Artinya, PPID dalam hal ini tidak hanya berada pada sisi kehumasan tapi pada institusi secara keseluruhan.
“Ketika kami memahami itu sebagai tanggung jawab institusi, kami bisa bercerita banyak hal. Sehingga apa yang kami sampaikan baik di website maupun di monev lalu, adalah kinerja institusi bukan hanya kinerja kehumasan saja,” ujar Yatri.

Yatri juga menerangkan, penyebaran informasi yang dilakukan IPB University juga menjangkau berbagai kalangan. Meski teknologi sudah kian cepat perkembangannya, IPB University tetap memerhatikan langkah penyebaran informasi sesuai dengan kalangan penerima informasi. IPB University yang selalu mengedepankan keterbukaan informasi.
Setelah pertemuan ini, baik IPB University maupun Komisi Yusidial berharap akan terus menjalin komunikasi dan kolaborasi agar semua badan publik dapat terus berkembang hingga bisa menjadi kategori informatif. (Rz/Zul)

Keyword: PPID, Komisi Yudisial, Perguruan Tinggi Paling Informatif, IPB University