Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana IPB University, Yatri Indah Kusumastuti memaparkan strategi inovasi dan kolaborasi informasi publik di hadapan Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI), Selasa (15/10), di Jakarta. Pemaparan strategi ini dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik yang rutin digelar setiap tahun oleh KIP RI.

“Selama setahun terakhir IPB University melakukan inovasi baru. Kita menggunakan mapping stakeholder dalam pengelolaan informasi publik. Sebanyak tujuh kelompok stakeholder IPB University diantaranya : calon mahasiswa baru dan orang tua, guru Bimbingan dan Konseling, pemerintah, internal, mitra bisnis, alumni, wartawan dan masyarakat,” papar Kepala Biro Komunikasi IPB University ini.

Melalui pendekatan mapping stakeholder inilah, lanjut Yatri, inovasi dan kolaborasi informasi publik IPB University dibuat. “Contohnya tampilan website IPB University, pendirian Tani Center, Student Service Centre (SSC), IPB Mobile for Lecture, IPB Mobile for Student, IPB Mobile for Staff, IPB Mobile for Parent, IPB Mobile for Alumni dan IPB Mobile for Innovation dan aplikasi lainnya,” tambah Yatri didampingi anggota PPID IPB University, Aris Solikhah dan Rizki Maha Putra.

Presentasi Monev ini diikuti sekitar 80 perguruan tinggi negeri dan menghadirkan Komisi Informasi Pusat sebagai Dewan Juri. Khusus untuk presentasi dimana IPB University berada, hadir Cecep Suryadi, Dr. Fal Harmonis,dan Danardono Siradjudin sebagai dewan juri.(ris)